kangen bapak

matahari sore selalu indah di sini. bulat penuh, seperti kuning telor. yang berbeda hanya warnanya. aku takbisa mem-visualisasikannya dengan pas, tapi yang jelas ia seperti bola oranye. tersemat di kaki langit sebelah barat.… Baca lebih lanjut

Beri peringkat:

saatnya bercermin #SebabPerjalananAdalahTeman 181

    “maaf dong gak ada lensa wide, jadi aja kudu bolak-balik dan jauh.“⁣⁣aku lupa apa yang kemudian kukatakan lagi, yang jelas orang di depanku bilang,“udah sih, ngeluh muluk.⁣ iya, pagi itu aku… Baca lebih lanjut

Beri peringkat:

: kepada sebelas januari

      : iya, dunia memang tempatnya menunggu. aku taktahu, (si)apa yang datang lebih dahulu, hidupmu atau patiku.                   jati indah lima, lepas isya.… Baca lebih lanjut

Beri peringkat:

merayakan kesedihan #SebabPerjalananAdalahTeman –180

pic. google mungkin karena desember musim penghujan, maka segala bentuk perayaan seperti berkumpul menyatu di dalamnya. perayaan kesedihan pun kebahagiaan. apapula itu perayaan kesedihan? terkadang sedih juga harus dirayakan, bukan? bisa dengan menangis,… Baca lebih lanjut

Beri peringkat:

s.e.n.j.a

  senja selalu tenggelam dengan atau tanpa kau minta. tak selalu indah, mungkin. namun di sana, ada Malaikat yang mencatat setiap ingin.       jati indah lima, lepas senja. 16/12/19    … Baca lebih lanjut

Beri peringkat:

takada kebaikan yang sederhana #SebabPerjalananAdalahTeman –179

pic. google   sebab di hadapan-Nya, takada kebaikan yang bernilai sederhana meski dilakukan dengan cara paling sederhana pun. bertahanlah bersama-Nya, dear ;).                 jati indah lima,… Baca lebih lanjut

Beri peringkat:

tentang zona nyaman #SebabPerjalananAdalahTeman –178

    “tapi teh, aku inget kata-kata teteh yang bilang untuk memperluas zona nyaman.” aku sedikit kaget membaca pesan seorang kawan yang tengah bersiap pindah kantor. dia merasa tak nyaman dengan kehadiran orang… Baca lebih lanjut

Beri peringkat:

aku baikbaik saja #SebabPerjalananAdalahTeman –177

    tapi kondisinya, kamu optimis, atau berusaha optimis, atau harus optimis? kamu baik-baik saja, berusaha baikbaik saja, atau harus baikbaik saja? kamu biasa saja, berusaha biasa saja, atau sudah seharusnya biasa saja?… Baca lebih lanjut

Beri peringkat:

bencana yang paling bagimu #SebabPerjalananAdalahTeman –176

  “eh, tadi aku bangunin subuh, loh tapi gak nyahut. emang masih gak shalat yah?”“engg.. enggak mbak, yuk berangkat duluan yaa..” tibatiba aku ingat, usahanya berbulan-bulan untuk mencari kerja. lain hari, “seriusan semalem… Baca lebih lanjut

Beri peringkat:

delapan ramadhan sudah.

    “innalillahi wa innailaihi raji’uun. jam 18.10” sms mba-ku kubaca sekilas. sejenak aku ketakketik layar kecil yang kugenggam, ijin tidak masuk kerja beberapa hari. setelahnya aku hanya memberi kabar pada beberapa orang,… Baca lebih lanjut

Beri peringkat:

ramadhan hanya sebentar #SebabPerjalananAdalahTeman –175

“tapi mi, sebelum maghrib kan ada ustaz adi di tv, masih boleh nonton kan?” “ustaz adi bisa kapan aja, di mana aja. tapi ramadhan hanya sekarang, hari ini. belum tentu tahun depan ada… Baca lebih lanjut

Beri peringkat:

kangen yang kangen #SebabPerjalananAdalahTeman –174

“kangen ramadhan, yah..” “apa buktinya?” “apa maksudmu?” “ya kalo kamu kangen setidaknya terlihat dari lakumu. misal bikin kolak karena ramadhan identik dengan itu.” “gak semua kangen harus dibuktikan.” “tapi kudu dituntaskan?” dia menoleh,… Baca lebih lanjut

Beri peringkat:

apa guna airmata? #SebabPerjalananAdalahTeman — 173

  “untuk apa air mata diciptakan?”   sebab ia serupa hujan yang menumbuhsuburkan bumi. sebab ia layaknya embun yang menyegarkan dedaun. dan lagi.. ia bisa menjadi perantara diijabahnya doadoa. air mata hanya lambang kelemahan… Baca lebih lanjut

Beri peringkat:

cintai hidupmu #SebabPerjalananAdalahTeman –172

  hidup taklagi indah saat kau mulai membandingkannya dengan orang lain. begitu katanya yang bisa jadi nyatanya..   karenanya bersyukurlah tanpa syarat apapun. tidak saat bahagia atau sebaliknya. bersyukurlah selalu sepanjang waktu. saat… Baca lebih lanjut

Beri peringkat:

asal kau yakin #SebabPerjalananAdalahTeman –171

    to: titintitan jika kau merasa takmampu, tapi kau yakin Allah Mahasegala, maka Ia pasti akan membantu. jika kau merasa takpunya tapi kau yakin Allah Maha Kaya, maka Ia pasti akan cukupkan.… Baca lebih lanjut

Beri peringkat:

sudah berbuat apa? #SebabPerjalananAdalahTeman –170

  bukankah hidup di dunia berupa pengulangan saja? mungkin masalahku pernah kau alami dahulu, pun sebaliknya. jangankan denganmu, jika merujuk pada buku sejarah bahkan apa yang tengah kita alami saat ini (ada yang)… Baca lebih lanjut

Beri peringkat:

iman itu #SebabPerjalananAdalahTeman –169

“jilbabnya pake ih, teh!” “ah, masih subuh. belum ada orang lewat!” lain waktu “pinjem mansetnya yaa, aku mau shalat.” “okaay.” “nih, aku kembaliin.” “aurat itu kan yang gak boleh kelihatan saat shalat, ya?”… Baca lebih lanjut

Beri peringkat:

sepantas apa #SebabPerjalananAdalahTeman –168

  apa yang bisa kita lakukan selain menunggu? menunggu apa saja, yang menurut-Nya belum saatnya tiba. meski kemudian menunggu bukan berarti duduk termangu. “itu lebih mirip orang putus asa daripada menunggu,” katamu “jadi… Baca lebih lanjut

Beri peringkat:

menggeser pandang #SebabPerjalananAdalahTeman –167

di dunia, sesuatu yang disebut sampah adalah juga sudut pandang. sebab apa yang selama ini dengan sengaja disingkirkan sembari menutup hidung, dibuang cepatcepat sebab mengundang lalat bahkan menjadi hal yang dicari para pemulung.… Baca lebih lanjut

Beri peringkat:

cinta itu

          cinta itu bersama dalam doa, bertumbuh dalam candu kebaikan dan mengabadi dalam perjalanan menuju-Nya.             alasjani, 30/8/18  

Beri peringkat:

manusia-manusia di gerbong kereta –11

  entah sudah berapa kali perjalanan kulewatkan berteman lengang. hanya sayup suara televisi dan dengkur lirih di kursi depan. sebelahku masih kosong, malah seringkali kosong hingga akhir pemberhentian. “kamu emang di mana?” aku… Baca lebih lanjut

Beri peringkat: