ruang tunggu II #SebabPerjalananAdalahTeman -36

9891323183_0b7526fd56_c

poto : siriusbintang

1 Okt 2011

“assalamualaikum”

“waalaikumsalam. dugi kapan?”

“niki nembe mawon.

“kepripun kabare?”

“bapaak, niki titin. ampun boso ngendikone.”

“hehe.. oh iya iya.”

Laki-laki itu menjawil daguku sembari tersenyum. Mungkin malu, sekilas kulihat rona itu. Ya, aku tahu persis. Ingatannya sudah mulai berkurang, tatap matanya sering kelihatan kosong dan bingung meski senyum tetap mengembang dari bibirnya. Sesaat setelah aku datang dia masih menggunakan bahasa krama atau jawa halus, sampai kemudian aku protes karena risih. Kusadari, dia belum sepenuhnya ngeh tengah berhadapan dengan siapa. Tubuhnya semakin kurus, kulitnya semakin keriput, dan beberapa kali dia berkata, “kenapa kaki kanan gak kerasa lagi?”

Kami hanya bilang, itu reaksi obat mungkin, ntar juga kerasa lagi. Hanya sehari aku di sini. Turut memenuhi ruang tunggu. Membersamai detikdetik bersamanya yang makin terasa mahal. Kesadarannya naik turun. Dan ruang tunggu itu terasa makin pekat. Hari itu makin dekat..

1 Okt 2013

Pagi lelaki tergantengku.. ^^

semoga kau baik baik di sana. Semoga rintihan doadoa kami, semoga apa yang dulu kau lakukan di dunia dihitung-Nya sebagai kebaikan. Sebagai pemberat amal yang kan membukakan pintu surga untukmu. Aamiin.

Hari itu makin dekat, ruang tunggu inipun makin pekat..

Sejatinya dulu dan sekarang sama saja, kita tengah berada di ruang tunggu, bukan? Bahkan sekarang pun. Aku dan kau tengah sama-sama berada di ruang tunggu. Menunggu saat dimana Ia menentukan tempat tinggal abadi kita. Hidup ini, hanya kendaraan untuk menuju negeri akhirat. Tinggal bagaiamana cara kita mengemudi. Menyapa ramah setiap tanjakan, atau bergumam payah meski di kanan kiri terbentang pegunungan indah.

Hidup ini adalah seni bagaimana tetap tersenyum syukur atas batu dan kerikil yang terpapar di hadapan. Hidup ini adalah seni, bagaimana agar tanki bahan bakar taksempat kosong. Hingga perjalanan menemui-Nya akan terasa lebih ringan. Hidup ini, adalah usaha agar kelak kita bisa bersamasama di surga.. :’)

soeta 550, 1/10/13

Iklan