jika kecewa #SebabPerjalananAdalahTeman –44

tumblr_miut3vMvVp1rm7tv0o1_500_large

apa kau pernah kecewa? kerap, jarang, sebentar saja, atau lama usianya?

manusia memang tempatnya salah dan lupa, tapi bukan berarti hal itu menjadi pembenaran untuk melakukan banyak kesalahan, bukan? jua menyerah pada sifat pelupa yang makin menggurita seiring bertambahnya usia.  

pernahkah terpikir, ketika berulang kali kecewa, ketika berulang kali mundur dari ranah suka cita bersama, ternyata kau juga pernah mengecewakan mereka semua? bahwa apa yang pernah kau lakukan juga taksesuai dengan ingin dan mau dia, mereka, atau bahkan semua? 

hanya saja dia atau mereka lebih lapang menerima segala kurang yang ada. hati dan jiwa mereka bening sehingga mampu menggerus kecewa yang dirasa. dia, mereka, tetep memilih jalan bersama, bahkan menggandeng tanganmu lebih erat. memelukmu serta lebih dalam menyebut namamu pada doa-doa panjang.

ternyata ada orang-orang yang jauh lebih lapang dan bersedia tersenyum menerima kita apa adanya. takmelulu pendapat kita yang benar atau mereka yang selalu mengecewakan, tapi bisa jadi dada kita yang terlalu sempit untuk menerima segala kebaikan saudara. jiwa kita yang sakit sebab begitu betah bertahan dengan segala prasangka yang menyesakkan. begitukah?

mungkin hati dia, mereka, adalah telaga yang ketika diberi sesendok garam sama sekali tak terasa asinnya, sedang hati kita hanya ember kecil yang pasti akan terasa asin saat ada sedikit saja garam tercampur ke dalamnya. mulai sekarang, cobalah untuk menengok hati lebih dalam lagi, seberapa banyak  noda hitam yang menutupinya. cobalah untuk berpikir lebih jernih agar otak dan hati dipenuhi oleh hal-hal positif yang menggembirakan, sehingga kata maaf taklagi begitu mahal keluar dari mulut kita. sehingga kita bisa tersenyum lebih ringan tanpa paksaan untuk saudara dan kawan-kawan.

..sebab kecewa serupa bara, jika tak segera dipadamkan ia hanya akan tertiup angin sepoy yang siap membesarkan nyalanya menjadi api yang bisa membakar diri. 

 

 

 

 

: teruntuk diri

soeta 550, 17/6/14

 

Iklan