bersabar berproses #SebabPerjalananAdalahTeman –68

giphy

benarlah, bahwa setiap tulisan mempunyai alamatnya masing-masing. benar pula, bahwa setiap ide –bisajadi takada yang orisinil. namun yang paling benar adalah, ia yang segera meng-eksekusi ide itu, tanpa berpikir tentang alamat pembaca, tanpa berpikir apa itu kesempurnaan. 

“aku juga bisa kalau bikin tulisan begini doang, mah!” dengan pongah hati ini berkata.

sekejap kemudian.

“kamu mungkin bisa bikin tulisan serupa, tin. lebih bagus juga mungkin bisa. tapi mana? sudahkah kamu berproses menujunya, selain hanya niat dan komentar takpentingmu itu?”

iya, memang benar niat baik saja sudah mendapat nilai dari-Nya. tapi akankan kita merelakan diri menjadi orang yang hanya berdialog dengan hati sendiri, mencatatkan niat dan kemudian melupakannya begitu saja? sebab sebelum langkah pertama dimulai, bukankah semua itu hanya mimpi? lebih parahnya lagi, akankah kita mengikhlaskan kegagalan mengeksekusi ide –niat hanya dengan berkomentar tanpa aksi nyata?

maka, jadikanlah niat baik itu sebagai bagian dari sebuah proses. ia harus menjadi langkah pertama yang kemudian diikuti oleh langkah-langkah selanjutnya. Allah amat mencintai proses, bahkan Ia takkan mengubah keadaan suatu kaum sebelum kaun itu mengubah dirinya sendiri. hingga adakah yang lebih indah dari sebuah proses yang makin membuat kita dekat dengan-Nya? makin menyadari keberadaan-Nya? makin bergantung pada-Nya?

bersabarlah. sabar saja. pada apapun, proses itu lebih dicintai-Nya daripada ketergesaan yang melenakan. sesulit apapun yang kau rasa, jalani saja. ia akan terganjar cinta paling manis dari-Nya.

*ntms
pinus30, 23/9/15

Iklan