merasa dicintai #SebabPerjalananAdalahTeman –85

tumblr_static_tumblr_static_dd6jr1cx1f4s84wgk4s4kg0ck_640

 

“bagaimana rasanya dicintai, ya?” suatu hari seorang teman perempuan bertanya padaku.
“eh, kamu pernah merasa dicintai enggak?” aku hanya terdiam, membiarkan layar kursor berkedap-kedip tanpa aktivitas.
“makanya, jatuh cinta dong!” ujarku.
“eh, tapi kalau jatuh cinta bukan sama suami sendiri kan menyakitkan,” dia menuliskan, dibarengi emot tertawa terpingkal.
“makanya punya kesukaan atuh, tontonankah atau apapun itu yang bisa kau tunggu. rasakan masa-masa penantian itu. rawat hobi (positifmu) dan kau akan merasa hidup bersamanya.” aku membalas chatingnya panjang lebar yang entah nyambung atau tidak dibumbui rasa sok tau dan sok idealku.

terkadang ‘merasa ingin dicintai’ bisa menjadi perkara yang tak sederhana. hal tersebut sangat wajar dirasakan oleh siapa saja. sebab cinta akan membuat harihari makin berwarna. dan pada porsinya, bisa membangkitkan semangat hidup dengan seketika.

merasa dicintai adalah energi. ia akan membangunkan segala yang tertidur di dalam diri. baik itu potensi maupun rasa yang semakin melembutkan hati.

meski pertanyaan teman perempuanku itu jelas kecenderungannya pada “dicintai seorang laki-laki,” tapi sungguh, merasa dibutuhkan dan dicintai oleh teman atau saudara juga cukup bisa menyalakan bara yang mulai meredup.

kuncinya hanya, “perlakukan mereka sebagaimana kau ingin diperlakukan. istimewakan mereka dan letakan mereka di hatimu, sebagaimana kau juga ingin diistimewakan di hati mereka.”

tampak pamrih dan tidak tulus, yah?

ok, bagaimana kalau begini, “berpikirlah, bahwa jangan sampai orang lain sempat merasakan sakit yang (bisa jadi) kau rasa. jika kau tahu dicubit itu sakit, maka jangan pernah kau cubit orang lain atau jangan pernah kau ijinkan orang lain mencubit saudaramu.”

adapun jawabanku tentang mempunyai kesukaan, menurutku hal itu juga bisa menghidupkan harihari. pada apapun, merawat rasa cinta itu akan menimbulkan efek sebaliknya, yaitu merasa dicintai.

andai saja cinta serupa senja, yang bisa diketahui kapan ia datang, kapan ia pergi, kapan ia hanya sembunyi..

 

 

gerimis di pinus30,

NtMS. 10/2/16

Iklan