rumah matahari 2

tumblr_mwq1vvd68k1rsefg8o1_250

setiap kita tentu mempunyai bayangan tentang rumah. sebuah ruang yang cukup untuk membangun kehormatan diri dan keluarga, menjaga keamanan serta kebahagiaan hati.

kenapa kehormatan diri dan keluarga?

jika pasangan suami istri adalah pakaian bagi satu sama lain, maka rumah harusnya bisa diibaratkan sebagai pakaian bagi sebuah keluarga, bukan? di temboknya ada guratan tawa suka, di langit-langitnya beterbangan luka yang segera lesap terbawa angin, di lantainya, menyisa jejak kening dan bulir air mata kesyukuran.

pintu dan jendela adalah jalan menuju kehormatan tersebut. kita tentu tahu kapan harus membuka pintu dan kapan menutupnya. kapan harus menghirup udara segar melalu jendela, atau kapan menutup demi menjaga aurat keluarga.

tapi aku pengen rumah putih, dengan kusen putih, kaca jendela lebar, serta bunga warna-warni di sekelilingnya. eh, iya.. bukan hanya bunga, tapi sayur hijau yang siap kapan saja dipetik demi jaminan kesehatan serta kehalalan asupan bagi semua.

 

apapun. yang jelas kebahagiaan hati bukan terletak pada seberapa megah hunian putih impian itu. namun kelapangan jiwa penguninya, kesyukuran yang tak terbatas pada berapa meter kali berapa meter fisik yang terbangun. 

 

karena rumah adalah sebaik-baik ruang untuk meletakan hati dan menyesap energi :’)

 

 

*ntms, pinus30.

12/2/16

 

 

Iklan