di 17 senja lagi

tetesan atap air Hujan

 

cucu      : kakek, sebenernya buat apa kita membaca Al Quran? emang kakek tau artinya?
kakek   : kakek gak tau artinya,
cucu     : lantas kenapa kakek terus membacanya? lantas kenapa kita membaca sesuatu yang tak kita mengerti maksud bacaannya?
kakek   : sekarang, tolong ambilkan ember yang kotor itu, lubangi dan tolong angkutlah air dengan menggunakan ember itu.
cucu      : bagaimana bisa, kek? ember ini kan berlubang?
kakek   : kau cobalah dulu.

lalu sang cucu pun menuruti ucapan kakeknya. ia berjalan mengangkut air dengan ember yang berlubang tersebut. sekali, dua kali, tiga kali ia mencobanya. tapi tentu saja air tersebut tak pernah terangkut sampai tujuan, sebab ia telah berceceran terlebih dahulu.

cucu      : kek, air itu tak pernah terangkut.
kakek   : mungkin kau kurang cepat berjalan, harus berlari agar air itu tak sempat jatuh.

sang cucu pun mengikuti saran kakeknya, ia berjalan lebih kencang, bahkan berlari, dengan harapan masih tersisa air di ember yang berlubang tersebut. berlari dan terus berlari lebih kencang. hingga akhirnya ia menyerah. tak setetes air pun dapat ia angkut ke tujuan.

cucu       : kek, aku menyerah. aku tak dapat mengangkut air itu.
kakek  : kau menyerah? baiklah, tapi mungkin peristiwa itu bisa dijadikan jawaban atas pertanyaanmu barusan. kau lihatlah, ember yang kotor berlubang tersebut jadi bersih bukan, setelah digunakan untuk mengangkut air? meski air tersebut tak terangkut setetes pun ke tujuan.

begitu juga Al Quran yang kita baca tiap hari. ia bisa membersihkan jiwa kita meski kita taktau persis apa arti yang terkandung di dalamnya.

menjadi sahabat Al Quran adalah tentang bagaimana cara kita mendekatinya, sekeras apa usaha kita untuk mengakrabinya. hingga ia sebenar menjadi sahabat dalam keseharian, dalam suka, maupun gulana. karena berakarab-akrab dengan Al Quran –bagaimanapun caranya, adalah juga tentang mengakrabi-Nya.

maka biarlah Ia yang akan membuka tabir dalam hati kita, apabila kita takmampu membukanya sendiri. selamat datang Ramadhan :’)

*NtMS
pinus30, 19/5/16

 

Iklan