melanjutkan lakon #SebabPerjalananAdalahTeman –135

tumblr_inline_nw6czofx3L1qdr5v3_500

 

“sudah ya, pak, saya pamit dulu. mau melanjutkan lakon.”

aku sedikit tertegun mendengar kalimat yang taksengaja kucuri dengar dari tamu yang sedang berbicara dengan pak direktur.

sementara di depanku layar monitor tengah berkedap-kedip menunggu mode “writing” chat dari seseorang yang juga tengah melanjutkan lakon hidupnya.

pada kalimat pertama, aku bisa menebak maksudnya. tamu tersebut akan segera melanjutkan perjalanan ke tempat tujuan berikutnya.

akan halnya pada orang yang tengah berbicara padaku –meski hanya lewat chat, dia juga sedang beranjak melanjutkan lakon. sebenar-benar lakon hidup.

ibarat wayang, maka Sang Dalang tengah memainkan peran kita “semau-Nya”, yang seringkali peranΒ itu takterduga sama sekali. meski sejatinya takada peran yang datang lebih cepat atau lebih lambat dari yang seharusnya. semua untuk lebih memuliakan, semua agar makin kuat.

 
bismillah
bismillah
laa hawla walaa quwwata illa billah

 
sesederhana itu kalimat yang terbaca. namun aku tahu persis, takada kekuatan yang lebih dari itu.

 

“selamat, kau sudah menjadi orang yang dipilih-Nya. dan aku takpernah bosan mengatakan; Allah bekerja dengan cara-Nya untuk membuat kita bahagia, kan?”

 

 

 

 

 

 

 

satu agustus 2016, lodaya 38A cerah

 

 

