penonton yang baik #SebabPerjalananAdalahTeman –141

namikaze-fuyumi-devian-artt

menjadi penonton memang menyenangkan.
hanya melihat, berkomentar serta mecontoh. bahkan bisa menganalisis untuk kemudian menerapkannya untuk diri.

iya, bagi penonton cerdas,
harusnya ia mempunyai kemampuan meniru yang ulung.
mengambil apa yang diperlukan dan segera meninggalkan hal-hal yang tak mengenakan.

aku suka sekali menjadi penonton.
menyaksikan detik demi detik perubahan seseorang
beberapa orang dan banyak orang. aku suka sekali menjadi saksi sejarah sebuah perbaikan, suatu kemajuan. aku bertepuk tangan untuk mereka. aku mengambil banyak hal dari mereka.

karena aku ingin seperti mereka, tentu. menjadi baik, sekaligus menjadi jalan kebaikan bagi orang lain.

akan tetapi, lalu?
apa yang sudah kau ubah, Tin? apa yang kau buat setelah menghabiskan waktu untuk membincang keberhasilan orang? sudahkah kau menjadi penonton yang baik? 

dan lalu, bukankah orang lain juga menjadi penonton sepertimu?
adakah yang bisa mereka ambil dan terapkan di dalam kehidupan mereka setelah menontonmu, mengenalmu, berbincang denganmu?

*NtMS selalu
lepas maghrib di lodaya 38A
13/10/16

 

 

 

 

